cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Erudio: Journal of Educational Innovation
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 2302884X     EISSN : 25498673     DOI : -
Core Subject : Education,
Erudio merupakan Journal of Educational Innovation yang memiliki misi untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian, kajian-kajian dan atau inovasi yang berkualitas dalam bidang pendidikan dan pembelajaran dari segala aspek. guna mempercepat transfromasi dan implementasi ilmu dan teknologi pendidikan dan pembelajaran kepada masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)" : 6 Documents clear
ANALISIS ANTROPOLOGI PENDIDIKAN TENTANG PENGUATAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TINGGI DALAM TATA PENDIDIKAN GLOBAL Hipolitus Kristoforus Kewuel
Erudio Journal of Educational Innovation Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)
Publisher : Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.902 KB)

Abstract

Penilaian mutu pendidikan dewasa ini mendasarkan diri pada dua model penilaian, yakni model penilaian sektoral dan model penilaian esensial. Model penilaian sektoral mendasarkan penilaian pada aspek-aspek tertentu dari sebuah lembaga pendidikan yang dinilai. Misalnya, penilaian mutu kemudahan akses, penilaian mutu ketersediaan sarana dan prasarana, penilaian mutu pengelolaan keuangan, dan lain-lain. Model penilaian esensial mendasarkan penilaian pada keseluruhan aspek kehidupan sebuah lembaga pendidikan. Misalnya, penilaian mutu pengajaran, penilaian mutu penelitian, penilaian mutu pengabdian masyarakat, penilaian transfer ilmu atau korelasi ilmu yang diberikan dengan tuntutan dunia kerja, dan penilaian tentang wawasan internasional sebagai gambaran wawasan global keilmuan. Tahun 2015, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat 13, 14, dan 15 untuk Rangking Web of Universities di tingkat ASEAN sedangkan dalam daftar 10 Universitas terbaik ASEAN, tak satu pun Universitas dari Indonesia yang mencatatkan namanya di sana. Untunglah, dalam daftar 100 Universitas terbaik tingkat ASIA dan 800 Universitas terbaik dunia dari 70 negara, Universitas Indonesia masih tampil mewakili Indonesia dengan peringkat 79 dan peringkat di antara 601-800. Data ini menunjukkan bahwa untuk memiliki daya saing tinggi di tingkat ASEAN saja, universitas-universitas di Indonesia harus bekerja keras membenahi mutu kerjanya. Tulisan ini dimaksudkan untuk mendiskusikan beberapa titik penguatan manajemen mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Hanya dengan cara demikian, universitas-universitas di Indonesia boleh berharap mencatatkan nama di papan-papan Ranking Pendidikan Global.   Kata-kata Kunci: Penguatan Manajemen Mutu, Universitas, Indonesia, Pendidikan Global
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEMPERHATIKAN MULTIPLE INTELLIGENCES MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Febi Dwi Widayanti
Erudio Journal of Educational Innovation Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)
Publisher : Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.172 KB)

Abstract

Identifikasi multiple intelligences (MI) dapat membantu pengajar (dosen) mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki mahasiswa. Mahasiswa dengan tingkat MI yang tinggi dapat diharapkan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking ability) dalam belajar. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan memperhatikan Multiple Intelligences mahasiswa dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan memperhatikan Multiple Intelligences mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Reciprocal Teaching memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai hasil belajar pada semester gasal 2014/2015 lebih tinggi dari pada nilai hasil belajar pada semester gasal 2013/2014 yaitu 80,18 dan 69,79. Kata Kunci: strategi pembelajaran, reciprocal teaching, multiple intelligences, kualitas pembelajaran 
INCREASING STUDENTS’ INTERCULTURAL COMMUNICATION COMPETENCE BY UTILIZING BLENDED LEARNING MODEL Sugeng Susilo Adi
Erudio Journal of Educational Innovation Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)
Publisher : Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.385 KB)

Abstract

This article is a summary of a qualitative observation to the students of English Education Program, Brawijaya University, Indonesia. It tries to describe the students’ learning experiences, perception, and expectation about issues related to the contents, that is intercultural communication; and learning methodology, particularly blended learning. As foreign language students, the subjects of this observation need to achieve not only language competence but also intercultural communication competence because when they communicate with people coming from different cultural backgrounds they should understand their communication styles as a part of their culture. Meanwhile, the advancement of information technology and communication (ITC) affects the teaching and learning strategy where blended learning has been very popular applied in some universities. This research employs three parallel classes in Cross Cultural Understanding course. Qualitative observation, document analysis, and online interviews were conducted to gain students pedagogical interaction, learning experiences, and expectation about both intercultural communication competences and blended learning strategy. The study reveals that students have new perspectives about the role of culture in communication especially the use of language as a medium of communication. Students also realize that living in a multicultural society needs an intercultural awareness to avoid misunderstanding caused by prejudice and overgeneralization toward people coming from different cultural background. Abouut the blended learning strategy applied in the course, students find it is interesting. The strategy motivates their learning activities because the media used is similar to social media that have been very familiar with their daily life. Keywords: intercultural, communication, competence, blended learning, awareness, misunderstanding
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) Sri Rahayuningsih
Erudio Journal of Educational Innovation Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)
Publisher : Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.513 KB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di  setiap jenjang pendidikan dasar. Di satu pihak, sebagai ratu, matematika merupakan bentuk tertinggi dari logika. Di pihak lain, sebagai pelayan, matematika bukan saja memberikan sistem pengorganisasian ilmu yang bersifat logis namun juga pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk model matematika. Banyak metode pembelajaran yang merangsang mahasiswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Di antara metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif adalah dengan metode pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran matematika model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dalam menyelesaikan masalah peluang. Pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi peluang, khususnya materi menentukan ruang sampel suatu kejadian dan menentukan peluang suatu kejadian. Peningkatan hasil belajar  terutama terjadi pada aspek kognitif. Kata kunci: Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), materi peluang, hasil belajar
IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI DESCRIPTIVE TEXT DENGAN IMAGINARY VISUALIZATION DAN COLLABORATIVE APPROACH Riski Lestiono
Erudio Journal of Educational Innovation Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)
Publisher : Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.239 KB)

Abstract

Dalam studi ini, Lesson Study (LS) diimplementasikan pada Mata kuliah Reading Comprehension III.Lesson Study (LS) ini mengangkat pokok bahasan descriptive texs (teks deskripsi) yang memuat banyak sekali ungkapan yang menggambarkan suatu objek: kata sifat (adjectives) serta majas (figurative speeches) untuk mencapai tujuan deskripsi secara hidup (vivid description). Descriptive text mengasah mahasiswa untuk mampu memiliki imaginasi visual yang hidup (lively visual imagination) tentang objek yang digambarkan dalam balutan bahasa. Kegiatan LS yang dilakukan sebanyak 2 openlessons (pengulangan tahap Plan, Do, dan See) ini semuanya diarahkan pada peningkatan kemampuannya dalam memahami bacaan, dalam hal ini descriptive text, menguasai kosa kata baru dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan topik bacaan, menggambarkan deskripsi secara verbal di dalam bacaan menjadi deskripsi visual (gambar) yang berdampak positif pada minat dan ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran, serta menganalisis berbagai macam majas (figurative speeches). Aktifitas dilaksanakan dengan collaborative approach di mana siswa bekerja secara berkelompok untuk menyelesaikan project sesuai tema teks deskripsi. Pada akhir pembelajaran, mahasiswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yaitu pemahaman, memvisulakan deskripsi dalam bacaan, serta menganalisis berbagai macam majas (figurative speeches) yang mewarnai descriptive text. Akhirnya, studi ini merekomedasikan formulasi integrasi LS pada setiap desain pembelajaran. Kata kunci: Lesson study, lively visual imagination, collaborative approach
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTs/SMP Iesyah Rodliyah
Erudio Journal of Educational Innovation Vol 3, No 2 (2017): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)
Publisher : Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.701 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi bangun ruang prisma dan limas dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang biasa dilaksanakan di sekolah, khususnya di kelas VIII MTs/SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW efektif digunakan dalam mengajarkan materi bangun ruang prisma dan limas, karena telah memenuhi syarat-syarat keefektifan pembelajaran. Kata Kunci: keefektifan pembelajaran, materi bangun ruang, think talk write (ttw)

Page 1 of 1 | Total Record : 6